Sabtu, 21 Juli 2012

penanganan penyakit ikan koi

Ada ciri khas ketika ikan koi terserang penyakit. Jika sakit, koi akan memisahkan diri dari kelompoknya. jadi sangat mudah buat kita untuk mengenalinya.
penyakit yang sering menyerang ikan koi :
! ) luka gores, Luka ini bisanya muncul akibat tergesek ornament atau pingiran kolam yang  lama kelamaan bisa jadi infeksi.
!! ) batang ingsang berjamur, Penyakit ini disebabkan oleh jamur yang tumbuh di batang insang. Ikan koi yang mengalami penyakit ini menunjukkan gejala seperti nafsu makan berkurang dan perilaku malas menggerakkan insang.
!!! ) dan penyakit lumpur, Penyakit ini disebabkan oleh kulit koi yang mengalami iritasi dan pembuluh darahnya terserang bakteri. Akibatnya, tubuh koi akan terlihat kotor seperti terselimuti Lumpur.
cara menangani penyakit tersebut :
! ) Luka gores, Untuk mencegah luka menjadi infeksi,sebaiknya koi direndam didalm larutan Monafuracin selama 4-5 hari. Dosis yang dipakai sesuai anjuran yang tercantum dalam kemasan.
!! ) Batang ingsang berjamur, penyakit ini akan semakin mengganas saat air pada kolam kotor, atau suhu pada air terlalu tinggi. Pengobatan yang dapat dilakukan dengan merendam ikan koi ke dalam campuran 0,1gram Green F per 10liter air. Lama perendaman sesuai anjuran yang tercantum pada kemasan.
!!! ) Penyakit lumpur, Keadaan ini biasanya dipicu oleh pemberian pakan yang berlebihan, terutama yang mengandung proein yang tinggi. Pencegahan penyakit ini bisa dilakukan dengan mengganti air kolam dengan air yang baru. Untuk ikan koi yang terserang dapat diobati dengan cara merendamnya dalam larutan garam dapur 10%, dilakukan setiap hari selama satu jam sampai ikan koi benar-benar sembuh.
“pesan saya buat yang pilihara ikan koi : peliharalah ikan tersebut karena kau menyayanginya bukan karena nilainya…”

0 komentar:

Posting Komentar